Biografi EXO

Logo EXO

EXO (BoyBand)

Sub-Unit : EXO-K EXO-M
Negara : Korea Selatan – Cina
Label : SM Entertainment
Debut : 08 April 2012
Genre : K-pop, Mandopop, Pop, dan Dance-pop
Nama fans :
EXO : EXOTIC (un official)
EXO-K : Longtitude (un official)
EXO-M : Latitude (un official)

Member : 12 (6 EXO-K 6 EXO-M)
EXO-K :
Suho
Baekhyun
Chanyeol
D.O
Kai
Sehun

EXO-M :
Kris
Xiumin
Luhan
Lay
Chen
Tao

EXO (엑소) adalah boy band Korea Selatan-Cina yang dibentuk oleh S.M. Entertainment pada tahun 2011. Grup ini terdiri dari dua belas anggota yang terbagi menjadi dua sub-grup, EXO-K dan EXO-M, yang akan melakukan promosi secara bersamaan masing-masing di Korea Selatan dan Cina. Genre yang dibawakan oleh EXO adalah K-pop, Mandopop, Pop, Dance-pop, sebelumnya EXO dikenal sebagai ‘소년천지‘ (“Boy’s Heaven” atau “Land of Boys”). Nama EXO diambil dari nama planet baru yang diketahui keberadaannya pada 2009 dan berada diluar tata surya.

AWAL PEMBENTUKAN EXO

Pada bulan Januari 2011, produser S.M. Entertainment, Lee Soo-man, mengumumkan rencananya untuk membentuk sebuah boy band baru pada bulan Maret atau April 2011. Dinamai M1 untuk sementara, grup ini tampak terdiri dari tujuh anggota saat foto mereka berlatih tari di sebuah studio bocor di dunia maya.Pada bulan Mei 2011, Lee berbicara tentang grup ini dalam sebuah seminar bisnis Hallyu yang diselenggarakan di Universitas Stanford. Dalam presentasinya, dia menjelaskan strateginya untuk membagi grup ini menjadi dua subgrup, M1 dan M2, dan membuat mereka mempromosikan musik yang sama di Korea dan China, menyanyikan lagu baik dalam bahasa Korea maupun Mandarin. Lee Soo Man awalnya berencana untuk meluncurkan grup ini pada bulan Mei 2011, namun debut mereka ditunda dan berita mengenai grup ini tidak beredar lagi sampai Oktober 2011 saat Lee mendiskusikan konsep grup ini secara singkat dalam sebuah wawancara dengan The Chosun Ilbo.

Pada Desember 2011, grup ini memfinalkan nama mereka menjadi EXO, dengan EXO-K untuk nama subgrup di Korea dan EXO-M untuk subgrup di Cina.

TEASER

Sesudah nama EXO ditetapkan barulah SM Entertainiment secara bertahap memperkenalkan seluruh anggota EXO melalui video teaser di SMTOWN Youtube Channel dan photo teaser di Facebook SMTOWN.

Member yang pertama kali diperkenalkan adalah Kai pada tanggal 21 Desember 2012, kemudian Luhan, Tao, Chen, Sehun, Lay Xiumin, Baekhyun, D.O, Suho, Kris dan yang terakhir Chanyeol.

Untuk melihat Teaser Video bisa klik disini dan Photo Teaser klik disini.

PROMOSI

Karena demam K-Pop sudah melanda dunia, otomatis membuat keberadaan EXO tidak hanya untuk pasar Cina dan Korea, melainkan di kawasan Asia bahkan di luar benua kita. Hal ini didukung oleh aksi ‘gila-gilaan’ rumah label dalam mempromosikan boyband ini. Sebenarnya jauh-jauh hari SM Ent memperkenalkan ‘produk’ mereka di penghujung tahun 2012. Dengan perlahan tapi pasti, promosi ini berjalan mulus juga menarik.

Sebuah mobil truk dengan layar lebar memutar cuplikan video pertama EXO. Ini juga diletakkan di sejumlah pusat keramaian seperti Gangnam, Myeongdong, Sinchin, Hongdae, dan Cina. Di skala dunia maya, kita disuguhkan 23 teaser EXO yang mengundang decak kagum. Masa promosi sendiri dilangsungkan selama 100 hari. Video dengan durasi 40 detik – 1 menit lebih ini mempresentasikan para anggotanya dengan konsep yang berbeda-beda. Ada yang melakukan koreografi, sekadar berjalan dengan latar montage tertentu, melakukan aksi bela diri, dan lainnya.

SINGLE PROLOG

Sebelum debut EXO telah merilis dua Single Prolog diantaranya “What Is Love” dan “History”, Single ini muncul dengan Music Videonya/ MVnya juga.

EXO 2nd Single Prolog “History”

History ditulis oleh Thomas Troelsen, Remee Mikkel Sigvardt Jackman, Yoo Young-jin, dan produser EXO itu sendiri, Lee Soo-man. Lagu ini dirilis dalam 2 bahasa yang berbeda, yaitu bahasa Korea oleh EXO-K dan Mandarin oleh EXO-M. Video musik dari lagu yang dirilis di YouTube pada tanggal 8 Maret 2012, satu hari sebelum lagu dibuat tersedia untuk download melalui iTunes Store dan Korea dan di online Cina.

EXO-K dan EXO-M dilakukan kedua versi selama pra-debut menampilkan mereka pada 31 Maret 2012 di Seoul, Korea Selatan, diikuti dengan kinerja kelompok kedua untuk menampilkan kedua mereka di Beijing, Cina pada tanggal 1 April.

EXO 2nd Single Prolog “What Is Love”

What Is Love diciptakan oleh Teddy Riley, Yoo Young-jin, DOM, dan Richard Garcia, sementara liriknya ditulis oleh Yoo Young-jin (versi Korea) dan Han Kilin (versi Mandarin). Versi Korea dari lagu ini dinyanyikan oleh D.O. dan Baekhyun dari EXO-K, sedangkan versi Mandarinnya oleh Chen dan Lu Han dari EXO-M.[1] Video klip “What Is Love” dirilis di YouTube pada 30 Januari 2012.

D.O. dan Baekhyun membawakan versi Korea lagu ini untuk pertama kali saat showcase pre-debut EXO pada 31 Maret 2012 di Seoul, Korea Selatan,disusul Chen dan Lu Han yang menyanyikan versi Mandarin saat showcase kedua di Beijing, China pada 1 April.

SHOWCASE PRE-DEBUT

EXO 1st showcase

EXO menyelenggarakan showcase pre-debut pertama di Seoul’s Olympic Stadium, pada 31 Maret 2012, seratus hari setelah EXO debut trailer pertama mereka pada 21 Desember 2011. Sekitar 3000 penggemar dari 8000 pelamar dipilih untuk menghadiri penampilan mereka. Grup ini mengadakan showcase kedua dan konferensi pers pertama mereka di Aula Besar dari University of International Business and Economics di Beijing, Cina pada 1 April 2012.

DEBUT

Sebelum debut Resmi EXO sempat tampil langsung ke publik hanya empat member saja (Kai, Luhan, Tao dan Chen), mereka tampil di 2011 SBS Gayo Daejun pada tanggal 29 Desember 2011.

Kemudian mereka mengadakan showcase pertama mereka pada tanggal 31 Maret 2012 dan show case kedua pada tanggal 01 April 2012.

Sesudah showcase barulah EXO melakukan debut resmi mereka pada tanggal 8 April 2012. EXO-K dan EXO-M melakukan debut resmi secara bersama-sama dengan lagu-lagu yang sama tetapi di dua tempat yang berbeda.
EXO-K akan tampil dalam SBS ‘Inkigayo’ sedangkan EXO-M akan tampil dalam acara penghargaan ‘Music Festival’ di China yang dikenal sebagai Grammy China. Ini adalah sebuah acara penghargaan yang terkenal dan berpengaruh di mana banyak bintang top China menghadiri acara tersebut. Single debut EXO berjudul “MAMA”.

Mini Album Pertama “MAMA”

Cover Mini Album MAMA

Setelah debut pada tanggal 8 April 2012 kemudian EXO mengeluarkan Mini Album dengan judul “MAMA” yang dirilis pada 9 April 2012 dengan 6 track, berjudul Mama, What is Love, History, Angel, Two Moons, dan Machine. Judul album ini diambil dari istilah dalam bahasa Korea untuk memanggil seseorang dari keluarga kerajaan, kira-kira sama seperti “Yang Mulia” dalam bahasa Indonesia. Singel utama “Mama” ditulis oleh Yoo Young-jin, yang juga ikut menulis dua singel lain dari album ini, “What Is Love” dan “History.” Semua lagu di Album “MAMA” direkam pada tahun 2011 dan bertempat di Studio SM Entertainment yang berada di Seoul, Korea Selatan. Genre dari Album “MAMA” adalah POP, R&B dan Dance dengan bahasa Korea dan Mandarin.

EXO-K dan EXO-M

Kiri: EXO-K | Kanan: EXO-M

Jumlah personil EXO adalah dua belas orang dan kedua belas orang ini dibagi menjadi dua sub-grup EXO-K dan EXO-M. Penamabahan K dan M sendiri diambil dari hurup awal konsonan Korea dan Mandarin.

Mungkin ada yang bertanya kenapa EXO harus menjadi Dua Sub-Unit (EXO-K dan EXO-M).

Ini adalah konsep dari Lee Soo Man yang ingin melakukan promosi musik yang sama masing-masing di Korea Selatan dan Cina, EXO-K mempromosikan musik di Korea Selatan dengan lagu berlirik Korea sedangkan EXO-M mempromosikan musik di Cina dengan lagu berlirik Mandarin.

Konsep seperti ini pernah dipakai oleh Super Junior yaitu dengan adanya keberadaan Super Junior M, dengan personel yang sama dengan Super Junior ‘standar’ (dan penambahan personel) dan SM Entertainment kembali mengurai konsep serupa pada EXO.

Tapi meskipun EXO menjadi dua sub-unit, mereka tetap satu. Sesuai dengan yang biasa mereka katakan “We Are One, We Are EXO” ^^

Source : https://exofansclubindonesia.wordpress.com
Credit : EXO Fans Club Indonesia (on facebook)
TAKE OUT WITH FULL CREDITS

REFERENSI:

http://id.wikipedia.org/wiki/EXO
http://id.wikipedia.org/wiki/Mama_%28album_mini%29
http://id.wikipedia.org/wiki/What_Is_Love
http://id.wikipedia.org/history
http://rahmiaulia98.blogspot.com/2012/06/profil-dan-fakta-exo.html
http://wanasedaju.blogspot.com/2012/04/artist-of-month-exo.html
http://koreanindo.net/2012/04/03/exo-akan-debut-pada-8-april-di-korea-dan-china/

20 thoughts on “Biografi EXO

  1. Pingback: Kumpulan Lagu | All about EXO

  2. kak, mau tanya dong. aku EXOstand newbie :3
    pas showcase pre-debut EXO, mereka perform pake lagu yang ada di single prolog itu?
    jadi sebelum mini album MAMA, History sama What Is Love udah di keluarin sebagai single prolog?
    dan EXO debut pake lagu History sama What Is Love?

    mian banyak nanya kak, hehe. tolong di reply juseyoo ^^
    btw, makasih banget buat artikelnya, aku jadi makin faham 🙂

  3. Hai, aku lina exo L juga hewhewhew salam kenal. Eiya follow ig aku ya @linaadl atau twitter @linaadilla salam kenal! Kamsamnidaaaa!

  4. Pingback: [Biografi] EXO part 1 | My Sekai EXO-L

  5. Pingback: [EXO] Perjalanan dari awal debut | My Sekai EXO-L

  6. Pingback: Drama Korea Xo – Zone Dev-K

Leave a comment