Lirik Lagu EXO “MAMA” – Terjemahan Indonesia

Careless, careless. Shoot anonymous, anonymous.
(Tidak peduli, tidak peduli. Lepaskan yang tidak dikenal, tidak dikenal)
Heartless, mindless. No one. who care about me?
(Tanpa hati, tanpa pikiran. Tanpa siapa pun. Siapa yang peduli padaku?)
Kehilangan akal sehat, siapa yang peduli padaku? Aku memendamnya sendiri.

Bahkan dengan mata tertutup aku tidak bisa menerima ini semua.
MAMA bisakah kau katakan padaku kenapa orang-orang berubah
Kata-kata itu yang dilontarkan padaku, apakah mereka benar

Aku sudah lupa bagaimana cara memeluknya dengan lembut, lupa bagaimana menjaganya
Hanya merawat diri sendiri, berpura-pura sibuk
Dibalik topeng tidak terlihat tersembunyi ribuan ekspresi berbeda
Pada akhirnya bertanya pada diri sendiri, apa ini yang terbaik
[ Translation From: https://exofansclubindonesia.wordpress.com ]

*Apakah kita harus tetap begini, kita tetap tidak bisa bertemu satu sama lain di akhir
Maukah kau bicara lagi padaku, katakan lagi padaku kalau kau mencintaiku?
Maukah kau bicara lagi padaku, katakan lagi padaku kalau kau mencintaiku?
Apakah berubah menjadi jalan keluarmu, berubah menolongmu? Katakan padaku MAMA MAMA

Aku lupa bagaimana ini semua dimulai, kita telah terjebak di pikiran yang terlalu maju
Di dunia yang hanya memiliki angka 0 dan 1
Tanpa semangat, tanpa perasaan, melalui setiap hari tanpa hati
Semakin lama aku semakin menyesal, akhirnya tersiksa bersama sakit yang kubuat sendiri.

Bertemu dan berpegangan tangan, semua air mata dan semua senyuman
Kalau kita bertemu lagi, kalau kita dekat kembali, akankah perasaan lama yang pernah kita miliki kembali lagi?
Dibalik topeng tidak terlihat tersembunyi ribuan ekspresi berbeda

Pada akhirnya bertanya pada diri sendiri, apa ini yang terbaik
*Apakah kita harus tetap begini, kita tetap tidak bisa bertemu satu sama lain di akhir
Maukah kau bicara lagi padaku, katakan lagi padaku kalau kau mencintaiku?
Maukah kau bicara lagi padaku, katakan lagi padaku kalau kau mencintaiku?

Apakah berubah menjadi jalan keluarmu, berubah menolongmu? Katakan padaku MAMA MAMA
Turnback!
Akhirnya aku menjerit, aku berjuang, aku berusaha ramah, aku tidak ingin dunia ini dingin
Tolong aku MAMA MAMA MAMA MAMA turn back
Katakan padaku MAMA MAMA MAMA MAMA rolling back
Diluar kendali, tidak bisa melihatmu lagi
Please help me MAMA MAMA MAMA MAMA

Turn back! Yeah
Careless, careless. MAMA Shoot anonymous, anonymous. MAMA
(Tidak peduli, tidak peduli. Lepaskan yang tidak dikenal, tidak dikenal)
Heartless, mindless. MAMA No one. who care about me? MAMA
(Tanpa hati, tanpa pikiran. Tanpa siapa pun. Siapa yang peduli padaku?)

Aku bisa merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya adalah berkat bagiku, keinginan untuk bertemu banyak orang setiap hari
Kenangan tentang hatiku yang hancur terulang lagi, memori yang membuatku tersenyum
*Apakah kita harus tetap begini, kita tetap tidak bisa bertemu satu sama lain di akhir
Maukah kau bicara lagi padaku, katakan lagi padaku kalau kau mencintaiku?
Maukah kau bicara lagi padaku, katakan lagi padaku kalau kau mencintaiku?

Apakah berubah menjadi jalan keluarmu, berubah menolongmu? Katakan padaku MAMA MAMAu
Careless, careless. Shoot anonymous, anonymous.
(Tidak peduli, tidak peduli. Lepaskan yang tidak dikenal, tidak dikenal)
Heartless, mindless. No one. who care about me?
(Tanpa hati, tanpa pikiran. Tanpa siapa pun. Siapa yang peduli padaku?)

 

Credit : exofansclubindonesia.wordpress.com
TAKE OUT WITH FULL CREDITS

55 thoughts on “Lirik Lagu EXO “MAMA” – Terjemahan Indonesia

  1. arti dri lgu ni itu MAMA(Ratu korea)n raja korea yg trpisah krna adat.n brsatu kalau ada gerhana.ingat moon that embracess the sun

  2. MAMA Tu kalo dikorea artiny Ratu.lyricny tntang raja n ratu yg tak bsa brsatu jika tidak da gerhana..ingat drama moon that embracess the sun

  3. Iy,aq kira ad unsur pemujaan gitu,soal’a vdio’a seram bgt,bju’a it yg bkin aq merinding..tpi trnyta slah…..vdio’a n lagu’a keren abiezzzz..sma kyak yg nyanyiin 8-)

  4. tidak ada unsur pemujaan…?
    kalau dilihat dari video clipnya sudah jelas ada simbol2 tersembunyi (sangat jelas)
    di bagian lirik ada sedikit dan juga ada unsur penghinaan (bagi yang peka)

  5. Tp pas d vidio nya adha. . . .’ lmbang piramid, loe liat lbieh jelas lgy bnyak personil nya buat mata satu , trus saat dance nxa seprti lgy memuja sesuatu

    • Setahuku mama itu bukannya ratu ya tapi di masa joseon klau nonton film korea era joseon pasti baklan sering denger kata mama
      itu sih pendapatr saya maaf klau salah ^__^V

  6. kaya.a bukan memuja yg tepat mah.. tapi curhat..
    kekosongan hidup..
    tak ada tujuan..
    hmmm.. tapi ttep keren deuh.. :)

  7. Oh, initoh artinya. Aku penasaran cari arti lagu ini.. karena dri awal ku denger sama liat MV nya kayaknya pas awalnya itu berbau bau gimana gituh, pas aku liat chingu di atas komen katanya ada gosip pemujaan” gitu yah?iya, pikir aku juga gitu. Tapi setelah aku liat artinya ternyata gak ada unsur pemujaan gitulah.. Memang kalo diliat dari nadanya pas awal itu serem gitu deh ._. tp artinya bukan kok ^^

  8. yang dimaksud “mama” itu kyknya tuhan deh,terus ceritanya dia merasa gak ada yang peduli lagi sama dia…termasuk tuhan.kasusnya sedikit mirip lagu alejandro ‘-‘)v sorry gue exostan

  9. ternyata lirik nya bkn tentang memuja tohh ..
    aku sampe ribut sama anak tetanga sebelah cma gara gara arti dari lagu ini ..
    #hhaaaddeeeuu..
    gumawo ne chingu …

  10. Siaalaaaaann bangeeeettt yang udah bilang exo illuminati/muja2 setan atau apalah -_-
    Woooyyy kamvrt kata lu ada lambang2 illuminati tersembubyi? Hadeuhh apaan orang lambangnya jelas2 gak di sembunyiin -_- itu lambang official EXO mas/mba broooohhhh
    EXO dari awal dibentuk SM emang konsepin yg kek gitu. Kalo mereka nyelipin/nyembunyiin atau apalah kata orang yg nuduh tuh kenapa juga harus terang terangan gitu, bukannya disembunyiin T_T
    Sorry kalo komen gue gaje bgt -_-
    Gue exostan *ga ada yg nanya* gue ga suka exo di tuduh macam2 apalagi sama orang yg bahkan gak KENAL EXO ngomong asal nyerocos aja. Kalo ngomong itu dipikir pikir dulu baru ngomong.
    Btw, gue komennya telat bgt yah -_- mungkin juga gak ada yg liat komen gue WHAHAHAA *ketawa nista*

  11. Kirain lagu exo mama menceritain tentang memuja tuhannya ternyata bukan.. tapi sumpa sedih banget artinya, Gue terharu banget :'(

  12. Annyeong!

    Kalau menurut penalaran ku sih itu bukan muja setan kaya aliran stanism(iluminati). Kan konsep EXO tuh kan mEXO diibaratkan alien dari planet EXO yang punya kekuatan gitu. Kalau masalah lambang kekuatan mereka yang jelas aku yakin itu buatan SMTOWN. Nah, itu menurutku pas mEXO itu diturunin ke bumi dari planet EXO. Terus dia itu rindu sama bumi pas zaman dulu yang(mungkin) lebih care dan nggak egois atau pokonya lebih bagus dulu. Dan jubah item itu kan kayak film-film alien biasanya kan? lirik ini:

    “MAMA bisakah kau katakan padaku kenapa orang-orang berubah
    Kata-kata itu yang dilontarkan padaku, apakah mereka benar”

    Terus mereka tuh ingin raja atau si MAMA atau apaan lah itu yang di Planet EXO bawa mereka kembali atau nggak memperbaiki bumi dan manusianya. Semuanya mirip sama komik “Dewi Matahari” yang pernah aku baca. Tapi tepatnya sih lupa jilid berapa.

    Yang jelas, aku tekanin di sini EXO punya agama! EXO itu cuman pake konsep yang dikasih pihak SMTOWN jadi ya mereka harus terima. Namanya juga kerja. Memang sih katanya pemilik SMTOWN itu ya kalian-tau-gimana.. Tapi yang terpenting tuh mEXO dan EXO-L punya agama masing-masing dan bukan penganut satanism(iluminati) 😊 lagian kalau dinalar liriknya juga baik kok dari segi MAKNA! bukan pengertian perkata atau simbol-simbol apalah yang digosipin itu..

    Mian kalau banyak omong. Tapi aku nggak mau ada yang koar dan cuman ngambil fakta dari satu sisi aja.. Ambil yang postif aja ☺🙏

    Annyeong!

  13. Haadeeuuhhh,, ige mwoya??! Habis baca lirik, iseng baca komen2nya dan…
    Kenapa jadi banyak yg koar-koar gini??
    Setuju banget sama yg komen positif… Kalo yg komen bilang bahwa lagu dan MV EXO MAMA adalah illuminati pemujaan setan, lambang2 iblis dan semacamnya itu err~ maaf aqu rasa kalian terlalu cepat menyimpulkan tanpa memahami lebih dulu.
    Seperti yang dikatakan di atas, simbol2 yg muncul itu bukan simbol illuminati itu adalah simbol2 yg melambangkan kekuatan masing2 member EXO! Itu juga udah jadi ciri khas mereka sampe sekarang. Lambang itu tetap dan gg berubah-ubah juga gg cuma muncul di MV MAMA doank!
    Menurut aqu pribadi sih, karena ini album pertama sekaligus debut mereka, jadi kan nama EXO itu di ambil dari nama EXO Planet, sehingga mereka mebuat perkenalan dengan bertemakan ‘Alien’… Menurut aqu disini EXO berperan jadi Alien yg berasal dari planetnya ‘EXO’… Dan lewat lagu itu mereka mengungkapkan keprihatinan mereka terhadap sifat dan keegoisan orang-orang yg hanya mementingkan diri sendiri serta menindas yg lemah. Atau masuk akal juga sih yg bilang lagu ini dari raja buat ratunya yg gg bisa bertemu ibaratkan mereka adalah bulan dan matahari. Udah sering denger kan, ‘EXO From EXO Planet’?
    Dalam bahasa Korea, MAMA itu punya arti yang mulia, raja, ratu, atau Tuhan… Dan bisa juga dikatakan kekuatan yg besar. Awalnya aqu cuma liat arti liriknya waktu nonton MV’nya karna langsung isi INDO SUB’nya tapi iseng juga search dan jadi terdampar disini..hehee
    Ada beberapa arti yg qu liat beda sama di MV tapi ttp mirip kok.

  14. Intinya menurutqu, lagu MAMA ini gg ada maksud illuminati, ini cuma HIBURAN. Udah liat sendiri kan arti liriknya galau gitu? XD Kalopun emang bener EXO menyebarkan sesuatu yg gg baik pasti udah dari dulu EXO dicekal sama pihak2 berwenang. Dan mereka rata2 beragama Kristen/Katolik… Cuma aqu sempet denger kalo Suho katanya eatnis dan dia sendiri yg ngaku tapi masih belum tau kebenarannya XD
    Tapi toh udah jadi rahasia umum kalo orang korea emang 40% eatnis. Banyak kok seleb2 Korea yg gg beragama.
    Disini ya tergantung kita aja sih sebenernya. Kalopun ada unsur illuminatinya kita cukup berpegang teguh pada agama dan kepercayaan yang kita anut. Gak usah menjelek-jelekkan karya orang dengan alasan yg belum pasti. Intinya aqu harap yg EXO-L sama yg Anti EXO saling resfect aja ya^^
    Emang sih waktu pertama kali denger lagunya itu bikin meriding~ tapi menurutku itu malah DAEBAK (y)
    Mari saling berpikir positif, melihat MV itu berdasarkan seni dan fantasinya yg mengagumkan. Bukan dari segi negatif atau sesatnya. Aku suka EXO karena konsep mereka unik dan berbeda dari BB dan GB kebanyakan. Dan kalo dipikir-pikir agak ribet juga sih sebenernya. hahaa
    Mian, kalo komennya jadi panjang gini, hadeuh mian kalo sampe sakit mata XD
    Ga usah dibaca kalo gitu(?) *Emang ada yg baca eh?! -_-* #BOW
    Lagian ini udah telat bangeeett OMG! #PLAKK
    Oiya, buat authornya GOMAWO~
    KEEP WRITING AND FIGHTING!
    ^^EXO SARANGHAJA!^^

  15. Kalo lirik terlihat tidak memuja kita harus balik liriknya,sebab dari kata katanya agak aneh kedengarannya,jelas banget exo muja dari tanda illuminati yg sangat jelas

  16. exo emang jelas illuminati kok. terang terangan malahan
    disetiap mvnya pasti ada lambang illuminati, apa hanya kebetulan? nggak lah
    contohnya di mv mama, mv sama ceritanya gk nyambung banget.
    – kenapa di mvnya selalu memunculkan lambang satan?
    – kenapa awal mvnya kayak pemujaan?
    – kenapa ditempat yg remang2?
    – kenapa ada pohon kehidupan(tree of life)?
    – kenapa ada kupu kupu?
    – kenapa ada planet berjajar?
    – kenapa formasi dancenya selalu segitiga?
    dan masih banyak pertanyaan lain yang menyangkut satanisme illuminati

  17. 1. Baru tahu terjemahannya kayak gini .__. Nggak ada unsur pemujaan blablabla(?) kayak gosipnya
    – itu liriknya tapi liat dong MVnya. sama kayak MV katy perry yg dark horse, di liriknya mah gk ada apa2 tapi di MVnya malah menghina islam

    2. Baru tahu aku artinya kyk gini,, kenapa orang pada blg lagu ni kyk pemuja gtu si padaal pemujaannya aja gak ada….
    – sekali lagi itu hanya lirik, tapi lihat MVnya. kalau diliat2 liriknya juga ada beberapa unsur pemujaan jika dikaitkan dengan MVnya

    3. arti dri lgu ni itu MAMA(Ratu korea)n raja korea yg trpisah krna adat.n brsatu kalau ada gerhana.ingat moon that embracess the sun
    -arti dari MAMA itu MONSTER (tuhan)
    – terus kenapa ada kekuatan2 yg diterima lewat kupu2?
    – kenapa MVnya gk ada raja tau ratunya?
    – kenapa banyak simbol satanismenya?

    4. kaya.a bukan memuja yg tepat mah.. tapi curhat..
    kekosongan hidup..
    tak ada tujuan..
    hmmm.. tapi ttep keren deuh.. :)
    – mereka emang bukan memuja tapi sedang mengeksplor simbol2 setan supaya bisa diterima di masyarakat. dan penggemar mereka sudah bisa menerima mereka.
    – tak ada tujuan???

    5. Siaalaaaaann bangeeeettt yang udah bilang exo illuminati/muja2 setan atau apalah -_-
    Woooyyy kamvrt kata lu ada lambang2 illuminati tersembubyi? Hadeuhh apaan orang lambangnya jelas2 gak di sembunyiin -_- itu lambang official EXO mas/mba broooohhhh
    EXO dari awal dibentuk SM emang konsepin yg kek gitu. Kalo mereka nyelipin/nyembunyiin atau apalah kata orang yg nuduh tuh kenapa juga harus terang terangan gitu, bukannya disembunyiin T_T
    Sorry kalo komen gue gaje bgt -_-
    Gue exostan *ga ada yg nanya* gue ga suka exo di tuduh macam2 apalagi sama orang yg bahkan gak KENAL EXO ngomong asal nyerocos aja. Kalo ngomong itu dipikir pikir dulu baru ngomong.
    Btw, gue komennya telat bgt yah -_- mungkin juga gak ada yg liat komen gue WHAHAHAA *ketawa nista*
    – Siaalaaaaann bangeeeettt yang udah bilang exo illuminati/muja2 setan atau apalah -_-
    – yg lebih sial itu anda yg salah idola
    – Woooyyy kamvrt kata lu ada lambang2 illuminati tersembubyi? Hadeuhh apaan orang lambangnya jelas2 gak di sembunyiin -_-
    – emang lambangnya jelas2an dan semua itu lambang SETAN. ingat itu
    – itu lambang official EXO mas/mba broooohhhh
    – emang. lambang official exo itu HEXAGRAM. LAMBANG SETAN !
    – EXO dari awal dibentuk SM emang konsepin yg kek gitu.
    – emang. dan konsepnya itu diSENGAJA. exo hanya BONEKA ILLUMINATInya SM. sama kayak rekrutan SM yg lain. shinee contohnya.
    – Kalo mereka nyelipin/nyembunyiin atau apalah kata orang yg nuduh tuh kenapa juga harus terang terangan gitu, bukannya disembunyiin T_T
    – emang gk disembunyikan. mereka sengaja terang2an. lagian bukan simbolnya yg disembunyikan tetapi status mereka sebagai pemuja setan
    – Sorry kalo komen gue gaje bgt -_-
    – gak apa2 wajar kok
    – Gue exostan *ga ada yg nanya* gue ga suka exo di tuduh macam2 apalagi sama orang yg bahkan gak KENAL EXO
    – kita ndak nuduh tapi itu kan FAKTA. BUKTInya udah jelas kok. anda saja yg gk mau mencari kebenaran. anda hanya terlena..
    – ngomong asal nyerocos aja.
    – lebih cocok untuk anda
    – Kalo ngomong itu dipikir pikir dulu baru ngomong.
    – seharusnya anda yg mikir baru komen? komenya anda gk ada dasarnya sama sekali
    – Btw, gue komennya telat bgt yah -_-
    – sama :D

  18. Kalo anda terjemah dari Korea ke malay…..mesti anda terkejut.kalo malas sangat nk terjemah,pergi cari di utube.tajuk die “to all Muslim kpoperz”.Karena kali pertama saya baca terjemahan bahasa Melayu itu,saya sangat terkejut.Rap nya bahaya banget.

    Sorry kalau ada kesilapan ejaan.Cuz i’m from Malaysia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s